Road To Reuni Akbar - Pertimbangan & Pemikiran

Minggu, 25 Juli 2010

sman 1 cikampek

Menanggapi beberapa usulan, hasil jajak pendapat yang lalu (Program Jabat Tangan Almamater), kegiatan - kegiatan yang diadakan secara sosial (Bantuan Banjir Karawang), Reuni - reuni per angkatan, komunitas - komunitas yang telah dibentuk dan dimiliki oleh alumni SMAN 1 Cikampek (Sachie), maka berikut ini adalah sebuah red-line dari kesemuanya itu untuk menjadi bahan pertimbangan bersama rekan - rekan alumni.
  • Masukan Mengenai Sebuah Website SMUN 1 Cikampek.
Membangun website ini, secara teknis merupakan hal yang mudah mengingat ada banyak rekan alumni yang memiliki kemampuan membangun website dengan fitur - fitur yang sangat bagus, akan tetapi untuk menggunakan nama institusi SMUN 1 Cikampek, maka harus dibicarakan, meminta ijin secara resmi ke pihak sekolah selaku lembaga pendidikan resmi, kelayakan, siapa pengelola website tersebut, lokasi server / domain & hosting website tersebut, anggaran website dan pemeilharaannya, update data alumni, data kegiatan sekolah, data penerimaan siswa baru dll. Tetapi hal ini bukan tidak mungkin ... justru sangat memungkinkan apabila pihak alumni secara resmi mengajukan proposal kerjasama / bantuan kepada sekolah untuk membangun website tersebut dan membentuk tim kerjasama untuk pengelolaan data dari website.
 
  • Masukan Untuk Penyelenggaraan Reuni Akbar - reuni seluruh angkatan alumni SMUN 1 Cikampek
Kegiatan ini sangat dinanti oleh seluruh alumni SMUN 1 Cikampek tercinta ini. beberapa pertimbangan yang selayaknya kita pikirkan bersama adalah sebagai berikut:
- Waktu dan tempat kegiatan.
 Menentukan waktu dan tempat (lokasi) membutuhkan pertimbangan yang cermat, mengingat ada ribuan alumni SMUN 1 Cikampek dari sekian angkatan alumni. Sebuah even yang besar dan memerlukan perijinan dari pihak - pihak terkait. Pertimbangan lain adalah kapan momen waktu yang tepat - persiapan sebuah even yang besar ini membutuhkan estimasi waktu persiapan - persiapan selama kurang lebih 2 - 3 bulan sebelum acara berlangsung.
Pertimbangan lokasi: Lokasi harus dapat menampung sekian ribu alumni dalam satu waktu sekaligus, apakah Indoor atau Outdoor. Luas area parkir (mobil, motor) dan keamanan sebelum, saat dan setelah kegiatan, baik keamanan parkir area, keamanan jalannya acara (termasuk keamanan perangkat sound system, podium, tenda, dll) 

- Susunan Kepanitiaan
 Alumni SMUN 1 Cikampek tidak hanya terkonsentrasi di Cikampek, tetapi tersebar hampir diseluruh kota dan wilayah di tanah air, bahkan ada yang di luar negeri, terdiri dari sekian puluh angkatan.
Dibutuhkan susunan kepanitiaan inti, kepanitiaan sekunder dan kepanitiaan area / wilayah untuk dapat menghimpun dan menyebarluaskan informasi dari even Reuni Akbar.
Kepanitiaan Inti untuk menyusun keseluruhan kegiatan, panitia sekunder untuk mensupport aktifitas kepanitiaan inti di tiap - tiap angkatan, dan panitia area / wilayah bertindak sebagai posko kepanitiaan di masing - masing area / wilayah. 
Para rekan alumni senior mungkin akan sangat sulit untuk menjadi panitia inti dan panitia sekunder mengingat kesibukan dan aktifitas tetapnya dalam berbagai profesi, dan sebagian saja yang dapat menyisihkan waktu untuk terlibat dalam kepanitiaan area / wilayah

- Acara
 Acara yang menghimpun sekian puluh angkatan alumni dari berbagai strata ekonomi, pendidikan, profesi, akan membutuhkan sebuah perencanaan matang mengenai substansi acara dari sebuah even. Acara tersebut haruslah berbobot, penuh makna dan arti bagi siapapun juga di semua jenjang angkatan alumni.
Bentuk acara, pembicara, perlukah menggunakan tamu / bintang tamu, mengundang pejabat daerah (camat / bupati), Apakah akan menjadi acara rutin setiap tahun / beberapa tahun sekali, atau akan ada acara kecil lain yang rutin dan lain - lain.

- Sumber anggaran
Hal yang paling menjadi pertimbangan bersama adalah anggaran. ya, semua aktifitas akan membutuhkan biaya, semenjak pembentukan kepanitiaan, persiapan perijinan, proposal kegiatan dll, hingga acara berlangsung akan mengeluarkan biaya operasional yang tidak sedikit jumlahnya.
Sebagai contoh, setelah kepanitiaan terbentuk, maka dalam rapat - rapat panitia, mobilitas pengurusan perijinan, atk, pengadaan spanduk, iklan di radio & media internet (salah satunya dapat melalui blog ini), uang muka booking tempat / lokasi, anggaran untuk tenaga keamanan saat even berlangsung (dapat menggerakkan adik-adik pramuka, hansip, kepolisian dll).
Pertimbangan Anggaran awal adalah krusial, sementara setelah anggaran awal tersebut ada, Maka untuk meringankan seluruh alumni dalam sumbangsih anggaran (melalui tiket, donasi dll), panitia inti dan panitia sekunder dapat berkreasi menutupi total anggaran dengan pengadaan sponsor kegiatan (perusahaan snack, minuman ringan, radio, perusahaan lain, perorangan), serta dapat membuka lahan berdagang untuk disewakan kepada siapa saja yang mau berjualan (saat even berlangsung), lahan banner di spanduk untuk sponsor dan pemasang iklan setempat, dll.

- Masih ada beberapa Usulan lainnya, akan tetapi cukup dua hal yang diulas disini sebagai sebuah masukan untuk pemikiran bersama.
Semua hal tersebut memang berat, membutuhkan alokasi anggaran, alokasi waktu, alokasi tenaga dan pikiran, akan tetapi jika dilakukan bersama dan bersatu padu maka akan sangat terasa ringan.
Sumbangsih saran, masukan dan kesediaan kepanitiaan dan donatur sangat dinantikan.

0 komentar: